Fri. Jan 21st, 2022
6 Cara Melatih Anak Berbicara Sejak Usia 1 Tahun

Anak ketika usia 1 tahun umumnya sudah bisa mengucapkan satu dua patah kata. Kemampuan ini harus selalu ditingkatkan agar anak lancar berbicara. Sebagian anak ada yang cepat berbicara dan sebagian juga membutuhkan waktu lebih lama. Untuk melatihnya, Anda perlu kesabaran dan kreativitas serta selalu didampingi. Berikut cara melatih anak berbicara yang bisa Anda coba.

1. Mengajak Anak Mengobrol

Mengobrol dengan anak bisa menjadi cara untuk melatih anak berbicara sekaligus mempererat hubungan orangtua dan anak. Anda bisa mengajak mengobrol anak dengan tema yang santai, seperti obrolan malam hari seputar hal yang dilakukan si kecil sepanjang hari.

Ajaklah anak Anda mengobrol dengan pertanyaan terbuka agar jawabannya bukan hanya iya dan tidak. Selalu luangkan waktu untuk mengobrol dengan anak ditengah kesibukan Anda. Karena Anda bisa mendampingi dan melihat perkembangan anak.

2. Membaca Cerita

Cara selanjutnya adalah dengan membaca cerita. Anda bisa membacakan cerita bahkan sebelum si kecil bisa berbicara untuk menstimulasi anak berbicara. Pilihlah buku dengan gambar dan tulisan sederhana untuk melatih berbicara anak.

Anda juga bisa memilih buku dengan tulisan ejaan agar anak bisa mulai mengikutinya. Dengan membaca, maka dapat membuat anak gemar untuk membaca buku yang akan berguna untuk masa depannya.

3. Bernyanyi Bersama

Bernyanyi bersama selain mengasyikkan juga bisa menjadi cara melatih anak berbicara. Lagu anak-anak yang liriknya sederhana bisa membuat si kecil ikut menyanyi dan mengenal kosakata baru. Bernyanyi bersama juga akan mempererat hubungan orang tua dan anak.

4. Menggunakan Bahasa Isyarat

Cara selanjutnya adalah dengan bahasa isyarat. Dalam hal ini bukan murni bahasa isyarat, namun menyebutkan kata yang Anda maksud disertai dengan gerakannya. Seperti, kata “makan” Anda contohkan dengan mengarahkan tangan ke mulut. Hal ini bertujuan agar anak bisa mengingat kata-kata tersebut lebih baik.

5. Mengucapkan Nama Benda

Anda bisa merangsang anak berbicara dengan menyuguhkan kata-kata setiap harinya. Bisa dari nama benda, hewan, makanan, dan lain-lain. Namun, berikan contoh yang nyata benda tersebut atau menggunakan flash card. Cara ini cenderung efektif karena merangsang anak berbicara dengan audio visual.

6. Mengajukan Pertanyaan

Setelah memperkenalkan nama-nama benda, hewan, dan barang. Anda bisa memulai dengan mengajukan pertanyaan pada anak dengan menunjuk benda tertentu. Dengan mengajukan pertanyaan, maka Anda bisa tahu apakah si kecil sudah mulai paham dan mulai berbicara.

Ketika anak masih terbata-bata atau kurang bagus pengucapannya tetaplah ajak bicara dan tunjukkan yang benar tanpa mengoreksinya secara langsung. Anda juga bisa memanfaatkan lingkungan sekitar atau tempat tertentu untuk melatih anak berbicara karena sifat penasaran anak.

Itu dia cara melatih anak berbicara agar lancar. Pastikan Anda selalu mengajak anak untuk berbicara karena walaupun belum pandai berbicara anak bisa mendengar dan menyerap hal-hal yang dia dengar.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *