Tue. Oct 19th, 2021
Cara Sederhana Biogas Indonesia Paling Mudah

Mungkin banyak yang sudah tahu apa itu biogas. Biogas Indonesia dihasilkan dari proses fermentasi berbagai bahan organik yang dilakukan oleh bakteri anaerob. Di mana bakteri tersebut sering hidup di kondisi udara yang kedap.

Umumnya, semua bahan organik dapat diproses menjadi biogas. Namun hanya bahan organik yang bersifat padat dan juga cair homogen saja yang paling sering dimanfaatkan.

Contoh bahan yang dimaksud adalah kotoran urin dari hewan ternak. Dimana biogas ini paling sering diolah menjadi sistem ataupun energi biogas sederhana yang biasanya sering digunakan untuk sumber energi alternatif.

Cara Mudah Membuat Biogas Indonesia Sederhana

Banyak yang ingin membuat biogas untuk sumber energi alternatif. Memang benar karena pembuatan biogas memang dapat dilakukan di rumah tanpa memakai bahan yang ribet.

Meskipun banyak bahan yang dapat digunakan, setidaknya ada tiga jenis bahan baku yang dapat digunakan dan lebih prospektif untuk bahan baku biogas di Indonesia.

Bahan yang dimaksud adalah kotoran hewan dan juga kotoran manusia seperti sampah organik maupun limbah cair. Bagi yang mau membuat biogas Indonesia di rumah, simak caranya berikut :

  1. Langkah pertama, buat dulu campuran antara sampah organik dan air dengan perbandingan 1 : 1.
  2. Tambahkan bahan biogas ke reaktor lewat tempat pengisian sebanyak 2.000 liter.
  3. Berikutnya bisa langsung masuk ke proses produksi biogas yang ada di dalam reaktor.
  4. Biasanya kamu harus menunggu setidaknya 10 hari hingga reaktor biogas dan juga penampung biogas terlihat agak menggembung dan lebih mengeras.
  5. Pasalnya di dalamnya ada biogas yang sudah dihasilkan. Setelah itu, biogas yang dihasilkan sudah dapat digunakan untuk bahan bakar ataupun kompor biogas bisa langsung dioperasikan.
  6. Kami sarankan, sesekali reaktor biogas perlu digoyangkan agar mengalami penguraian yang lebih sempurna serta gas yang terbentuk di bagian bawah bisa naik ke atas. Jangan lupa untuk melakukannya bersamaan dengan pengisian reaktor juga.
  7. Pengisian bahan biogas setelah biogas pertama habis dapat dilakukan setiap hari. Pastikan batas maksimalnya sebanyak + 40 liter. Kami bisa melakukan pengisian setiap pagi dan juga sore hari.
  8. Tenang saja karena sisa pengolahan bahan biogas yang berupa sludge (lumpur) akan otomatis keluar dari reaktor setelah melakukan pengisian bahan biogas yang kamu lakukan.
  9. Sisa hasil pengolahan untuk bahan biogas tadi bisa langsung digunakan untuk pupuk organik, baik saat masih basah maupun sudah kering.
  10. Kini biogas sederhana sudah siap digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

Membuat biogas Indonesia sederhana di rumah memang mudah dan tidak ribet sama sekali. Dengan langkah tersebut, sudah pasti energi alternatif bisa kamu dapat untuk tambahan energi utama yang kamu miliki. Selain ramah lingkungan, energi biogas juga lebih hemat.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *