Mon. May 16th, 2022
Mengetahui Tugas Dan Kewajiban Sebagai Polri

Kapolri adalah Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang diangkat sebagai Kapolri atau Kepolisian Negara Republik Indonesia, untuk menjadi polisi juga harus melewati pelatihan Akpol yang khusus dirancang untuk memenuhi tugas mereka. Tapi, apa tugas dan fungsi polisi?

Tugas dan fungsi Polri dirangkum dari laman Humas Polri. Tugas, wewenang, peran, dan fungsi pokok Kepolisian Negara diatur dalam Undang-Undang Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002. Undang-undang tersebut menetapkan bahwa kepolisian negara adalah alat negara yang berperan dalam menjaga Kamtibmas. , Gakkum, serta perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memelihara Kamdagri.

Sedangkan tugas dan fungsi Polri adalah sebagai berikut: Fungsi Kepolisian Negara Pasal 2 “Fungsi kepolisian adalah salah satu fungsi penyelenggara negara dalam bidang pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, akomodasi, dan pelaksanaan tugas kedinasan”.  Tugas Pokok Kepolisian Negara Pasal 13 Tugas Pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 20002 adalah sebagai berikut: Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Penegakan hukum Memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat .

Polisi dalam bidang ini adalah Community Policy, Social Outreach in Social Relations dan Mutualism. Namun, konsep  Community Policy sendiri saat ini masih menyesatkan dalam implementasinya di Polrespolres. Konsep Kebijakan Komunitas telah ada sesuai dengan karakteristik dan budaya Indonesia (Jawa) dengan menerapkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) di desa dan  masyarakat desa, yang pada gilirannya merasa bertanggung jawab atas keamanan wilayahnya masing-masing. Hal ini juga didukung dengan operasional Babinkamtibmas yang  selalu melakukan pemantauan di wilayahnya untuk melakukan kegiatan tertentu.

Misi di bidang pencegahan Segala upaya dan kegiatan di bidang politik pencegahan meliputi: Menjaga ketertiban dan keamanan  masyarakat. Serta menjaga keamanan orang, barang dan harta benda, termasuk  perlindungan dan bantuan khususnya dalam pencegahan pelanggaran hukum. Untuk melaksanakan tugas tersebut diperlukan keahlian teknis tersendiri seperti patroli, pengawalan, dan pengaturan.

Tugas dalam Penegakan Hukum Dalam penegakan hukum, terdapat 2 (dua) jenis peran dan fungsi Kepolisian Negara Republik Indonesia, yaitu hanya penegakan hukum dan bukan pembenaran. Dalam hal tindak pidana, Penyidik ​​melakukan kegiatan berupa: Meneliti, menemukan fakta yang dianggap  tindak pidana; Menentukan apakah penyelidikan dapat dilakukan; Meneliti dan mengumpulkan bukti; Mengungkap kejahatan yang telah terjadi; Temukan tersangkanya.

  1. Tugas di bidang pencegahan Segala upaya dan kegiatan di bidang keselamatan dan pencegahan bertujuan untuk: Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Serta menjaga keamanan orang, barang dan harta benda, termasuk perlindungan dan bantuan khususnya dalam pencegahan pelanggaran hukum. Untuk melaksanakan tugas tersebut diperlukan keahlian teknis tersendiri seperti patroli, pengawalan, dan pengaturan.
  2. Tugas Bidang Penegakan Hukum Dalam bidang penegakan hukum terdapat 2 (dua) jenis peran dan fungsi Polri yaitu penegakan hukum yang adil dan tidak adil. Dalam hal terjadi tindak pidana, Penyidik ​​melakukan kegiatan berupa: meneliti dan menemukan fakta-fakta yang dianggap sebagai tindak pidana; Menentukan apakah penyelidikan dapat dilakukan; Meneliti dan mengumpulkan bukti; Mengungkap kejahatan yang telah terjadi; Temukan tersangkanya.

Itu dia beberapa kewajiban sebagai Polisi rakyat Indonesia. Tidak jarang juga para polisi menjalankan tugas mereka di medan yang berbahaya. Oleh sebab itu banyak dari mereka yang menggunakan sepatu safety pada saat bertugas.

Baca juga : harga sepatu safety krusher

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.