Wed. Oct 20th, 2021
Penyebab, Cara Mencegah, Mengobati Penyakit Ain

Tidak dipungkiri lagi penyakit Ain sering ada pada tubuh manusia. Seseorang yang melihat temannya mendapatkan peringkat, lulus pada salah satu sekolah ternama, mempunyai barang mewah, kesehatan yang baik dan hubungan keluarga yang sangat akur bisa memicu timbulnya hasad pada manusia.

Hasad ini sering dikenal dengan iri dan dengki. Tapi, bukan berarti seseorang yang terkena penyakit Ain tidak bisa sembuh. Mari kita lihat penyebab, cara mencegah dan bagaimana cara mengobati penyakit tersebut.

Penyebab-Penyakit Ain

Jenis penyakit ini sebenarnya banyak dibahas dalam Agama Islam, baik dalam Al-Qu’an maupun hadits. Allah SWT sudah memperingati manusia tentang dengki atau sering diistilahkan sebagai hasad atau iri. Surah ini mengajarkan manusia agar tidak selalu hasad terhadap kenikmatan yang dimiliki orang lain. Setiap kepemilikan manusia seharusnya disyukuri tanpa memandang nilai dari apa yang telah dimiliki.

Jika seseorang dengki biasanya kesehatan mereka juga akan ikut terganggu. Jika tetangganya memiliki mobil mewah dan dirinya tidak, hal itu mungkin akan merusak mental seseorang yang terkena penyakit hasad sehingga bisa membuat dirinya sulit berfikir jernih. Kondisi ini sebenarnya juga identik dengan penyakit hati.

Cara Mencegah

Dalam surah As-Syura ayat 30, kondisi ini juga banyak dibahas dimana maknanya berbunyi jika setiap musibah dikarenakan perbuatan tangan manusia itu sendiri. Karena itu pula, Allah SWT akan memaafkan berbagai kesalahan manusia selama taubat dilakukan.  Kendali emosi dan perasaan muncul dari pribadi seseorang, sehingga penting untuk melakukan evaluasi diri sebaik mungkin.

Penyakit Ain tidak lain dari perbuatan tangan diri sendiri seperti yang telah Allah SWT sebutkan dalam ayatnya. Manusia yang terkena penyakit Ain harus sering menjaga silaturahim kepada sesamanya agar ia tidak lagi berprasangka buruk kepada sesamanya.

Cara Mengobati

Dalam firman lain, dibahas pula mengenai bagaimana cara pengobatan secara langsung kepada para penderita yakni At-Taghabun Ayat 11. Surah ini pun menjelaskan tentang bagaimana setiap musibah terjadi hanya karena kehendak Allah SWT, maka setiap mereka yang beriman akan mendapatkan petunjuk langsung di dalam hatinya.

Dari firman itu pula, ketika Anda ingin sembuh salah satu cara yaitu bertawakkal kepada Allah SWT. karena ialah yang mampu menyembuhkan segala penyakit yang ada di muka bumi ini dan selalu memberikan jalan kebenaran kepada hambanya.

Dari tiga yang disebutkan, jelaslah bahwa penyakit ain tidak bisa dihindari oleh manusia namun bisa disembuhkan dengan baik selama ada kemauan untuk berubah dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Akan tetapi, ketika manusia merasa terkena penyakit ini maka segeralah untuk mengambil air wudhu, menjaga silaturahim kepada sesama, serta selalu berpikir positif untuk kesehatan diri sendiri dari apa yang jelas-jelas nampak oleh mata.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *