Sun. Nov 28th, 2021
Tips Keamanan Pangan Saat Penyimpanan Yang Harus Kamu Tahu

Keamanan pangan menjadi bagian penting saat seseorang menyimpan makanan di tengah pandemi seperti sekarang.

Jangan sampai karena makanan tidak disimpan dengan baik malah mengurangi manfaat bahan makanan tersebut.

Saat ini kita tidak hanya butuh makanan yang enak dan lezat saja. Namun juga bergizi sehingga bisa menopang kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Misalnya saja sepetyi vitamin A, C dan E yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kekebalan. Dan masih banyak kandungan lainnya.

Tips Menjaga Keamanan Pangan Dengan Baik di Era Pandemi

Ada beberapa tips agar pangan yang disimpan terjaga keamanannya. Bagi yang butuh referensi, berikut beberapa tips yang bisa diikuti :

1. Membersihkan

Hal paling penting ketika seseorang mengolah bahan pangan adalah kebersihannya. Kebersihan dan juga sanitasi lingkungan sebisa mungkin harus dijaga supaya tidak ada kontaminasi bakteri di bahan pangan yang diolah.

Bakteri bisa saja berasal dari bahan makanan yang ingin diolah, tempat untuk pengolahan makanan, air yang dipakai untuk mencuci bahan, peralatan memasak dan juga orang yang akan mengolah bahan pangan tersebut

Kami sarankan, hal di atas dibersihkan dengan baik, setelah dan sebelum memasak makanan. Jangan sampai teledor yang akhirnya malah membawa penyakit ke tubuh kita.

2. Pisahkan bahan

Bagi yang sering mencampur bahan makanan yang telah dimasak di satu wadah, kamu harus mulai menghindari aktivitas tidak menyehatkan tersebut.

Jika bahan mentah dan matang dicampur tentu saja akan menyebabkan kontaminasi silang yang merusak kandungan nutrisi dalam bahan tersebut.

Tentu hal tersebut berpengaruh pada makanan yang kamu konsumsi. Bagi yang menggunakan talenan untuk memotong daging atau sayuran, ada baiknya memisahkan kedua bahan tersebut.

Jangan menggunakan satu talenan untuk memotong daging dan sayur. Karena bisa mengganggu kandungan nutrisi di dalam bahan makanan tersebut.

3. Masak dengan baik

Keamanan pangan yang selanjutnya adalah bagaimana kalian memasak bahan makanan tersebut. Proses memasak makanan perlu dilakukan dengan baik agar keamanannya tetap terjaga.

Setiap bahan harus dimasak menggunakan temperatur yang pas agar mematikan bakteri dan virus di dalam bahan tersebut.

Contohnya, untuk masak daging rusa, daging sapi dan daging kambing, dibutuhkan minimal 75 derajat supaya dagingnya benar-benar matang. Begitu juga untuk bahan makanan lainnya.

4. Dinginkan

Penyimpanan makanan yabg telah dimasak juga perlu diperhatikan dengan baik. Kami sarankan jangan menyimpan masakan matang di dalam ruangan lebih dari dua jam.

Setelah makanan jadi, segera habiskan dan tidak disimpan terlalu lama. Penyimpanan makanan juga tidak boleh dilakukan sembarangan.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah suhu yang digunakan untuk menyimpan makanan. Tidak disarankan menyimpan makanan di suhu yang lebih rendah dari 5 derajat celcius.

Kendati sering dianggap remeh, keamanan pangan tetap menjadi bagian penting agar kamu tidak mudah terserang penyakit. Selamat mencoba.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *