Tue. Oct 19th, 2021
Tips Menambah Berat Badan Anak Paling Efektif

Berat badan si kecil yang tak kunjung naik tentu saja menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan bagi para orangtua. Masalah ini bisa disebut dengan istilah ‘gagal tumbuh’ atau ‘failure to thrive’. Meski bukan penyakit, namun gagal tumbuh bisa mengindikasikan masalah medis tertentu. Jadi, orangtua harus tahu tips menambah berat badan anak.

Pengertian Gagal Tumbuh pada Bayi dan Anak

Pemantauan pertumbuhan anak adalah bagian dari integral perawatan Kesehatan anak. Pemeriksaan bobot anak secara berkala diplot ke dalam grafik berat badan menurut umur. Dengan interpretasi dari hasil plot grafik tersebut, kitab isa mengatakan bahwa seseorang mengalami failure to thrive atau gagal tumbuh, yakni keadaan di mana terjadi keterlambatan pertumbuhan fisik pada bayi & anak, yang mana terjadi kegagalan penambahan berat badan yang sesuai grafik pertumbuhan normal, dibanding dengan tinggi badan.

Gagal tumbuh bisa diartikan sebagai pertumbuhan di bawah kurva persentil 3 / persentil 5 atau terjadinya perubahan pada kurva pertumbuhan yang melalui 2 kurva persentil mayor dalam 2 waktu pengamatan. Bayi atau anak dianggap mengalami gagal tumbuh apabila posisi berat badannya di grafik pertumbuhan mengalami penurunan lebih dari dua persentil utama (3, 10, 25, 50, 75, 90, 97). Gagal tumbuh bukan merupakan diagnosis, namun gejala dari penyakit yang dikelompokkan sebagai gangguan absorbs makanan, penggunaakn energi berlebih, atau gangguan asupan makanan.

Cara Menaikkan Berat Badan Anak

Ada beberapa tips menambah berat badan anak, yaitu:

  1. Pastikan anak tak melewatkan jam makan, setidaknya berikanlah jarak 4 jam antara makan pertama & kedua!
  2. Coba berikanlah makan 4 atau 5 kali sehari dengan porsi kecil, daripada memberikan makan 3 kali sehari dengan porsi yang besar!
  3. Hindari memberikan si kecil makanan berkalori kosong atau kalori tinggi tanpa nutrisi seperti junk food, keripik, dan permen!
  4. Pilihlah makanan yang tinggi kalori dan padat energi, serta tinggi vitamin, mineral & nutrisi lainnya!
  5. Batasilah minum pada waktu makan supaya anak tak kenyang duluan!
  6. Berikan si kecil makan saat sedang lapar! Apabila belum lapar saat jam makannya, pastikan anak tetap mengkonsumsi makanan meski dalam jumlah yang tak banyak!
  7. Batasilah durasi makan si kecil paling banyak maksimal 30 menit! Jangan memaksa anak untuk makan apabila sudah lebih dari 30 menit!

Selain tips menambah berat badan anak di atas, susu juga bisa menjadi solusi mengatasi anak kurang berat badan. Nilai gizi yang terkandung dalam susu sangat bagus untuk anak karengan mengandung tinggi protein, mengandung kalori tambahan yang baik, dan juga lebih mudah dikonsumsi anak-anak.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *